Thursday, February 4, 2016

Segi Tiga Api




                Untuk mempelajari survival api kita perlu memahami dulu prinsip dasar dari api itu sendiri atau yang biasa dikenal dengan sebutan SEGITIGA API. Segi tiga api (fire triangle) adalah 3 unsur pembentuk api yang harus ada untuk menyalakan api yaitu Panas, Bahan Bakar, dan oksigen. Ketiga unsur tersebut berkaitan satu sama lain sehingga apabila kita mengilangkan atau tidak terdapat satu unsur saja maka api tidak akan menyala.

1. Bahan Bakar

Terdapat 3 jenis bahan bakar yang dapat kita gunakan yaitu padat, cair dan gas. Ketika melakukan survival api bahan yang paling mudah dijumpai adalah padat. Terdapat urutan yang penting ketika kita menggunakan jenis bahan padat untuk bahan bakar, yang pertama adalah pemancing kemudian penyala dan bahan bakar.
  • Pemancing (Tinder) adalah bahan yang paling mudah terbakar meski dengan percikan api saja. Api yang dihasilkan pun relatif singkat. Contohnya : Serbuk kayu kering, jerami, kapas, kain kasa, mesiu.
  • Penyala (Kindling) adalah bahan yang sudah kita persiapkan untuk menerima api yang dihasilkan dari bahan pemancing, memiliki sifat mudah terbakar dan mampu mempertahankan sampai meningkatkan nyala api. Contohnya : Ranting, potongan kayu, lilin.
  • Bahan Bakar (Fuel wood) adalah material yang dapat bertahan lama karena terbakar secara perlahan sehingga api terus menyala. Contohnya : Kayu dan batang pohon yang berukuran sedang.

Kita harus mempertimbangkan bahan yang dijadikan sebagai bahan bakar karena semakin besar bahan bakar kita semakin susah juga untuk dipadamkan.

2. Panas

Sumber panas diperlukan untuk mencapai suhu penyalaan sehingga dapat mendukung terjadinya api. Suhu penyalaan adalah suhu/panas yang harus diterima suatu benda agar bisa terbakar. Setiap benda memiliki titik nyala api yang berbeda – beda, berdasarkan material dan dimensinya sehingga besar panas/temperatur yang diberikan ke bahan bakar tersebut juga berbeda – beda. Sebagai contoh kita hanya butuh percikan api untuk membakar serbuk kayu tetapi butuh api yang sedang untuk membakar ranting pohon. Salah satu cara meningkatkan suhu/panas adalah dengan menggesek – gesekan 2 benda.

3. Oksigen

Sumber oksigen adalah dari udara, dimana dibutuhkan paling sedikit sekitar 15% volume oksigen dalam udara agar terjadi pembakaran. Udara normal di dalam atmosfir kita mengandung 21% volume oksigen. Ada beberapa bahan bakar yang mempunyai cukup banyak kandungan oksigen yang dapat mendukung terjadinya pembakaran.



Download artikel ini :

http://sh.st/TmV19
 

No comments:

Post a Comment